top navigation

6 Topik Membuka Pembicaraan Dengan Orang Lain

Cara Membaca Bibir: 12 Langkah (dengan Gambar) - wikiHow

Berbicara merupakan salah satu  cara berkomunikasi yang sangat penting bagi manusia, tetapi tidak semua orang mahir  dalam bidang ini, ada orang yang bingung mau membahas apa dan ada juga yang bisa mengobrol hingga berjam-jam. Artikel ini mungkin membantu kallian yang sering kesusahan berbicara dengan orang lain baik itu yang baru kenal atau yang sudah lama kenal.

1. Bertanya "Apa Kabar?"

Menanyakan keadaan adalah ide yang bagus untuk berbicara dengan seseorang yang kalian temui sebelum masuk ke pembicaraan yang lain. Seseorang biasanya lebih menutupi masalahnya sendiri dengan menjawab "Aku baik-baik saja". Tetapi jika orang tersebut terbukabisa saja bilang "lagi enggak baik nih bro  ada masalah". kalian bisa bilang "masalah apa bro? lu bisa kok curhat ke gua". Dari situ kalian udah bisa tuh lanjutin pembicaraannya ke topik-topik lain.

2. Bertanya "Pekerjaan Kamu Apa?"

Setelah menanyakan kabar, kalian bisa nih menanyakan pekerjaan kepada lawan bicara, tetapi sepertinya bagi orang Indonesia menanyakan pekerjaan seseorang merupakan hal yang tabu, kecuali lawan bicaranya orang asing sih engga papa, jadi kita skip aja bagian ini.

3. Menanyakan Gadget Lawan bicara

Setiap orang pasti dong mempunyai gadget, baik itu handphone, laptop, jam tangan. Dan pasti setiap orang tahu akan kelebihan dan kekurangan handphonenya masing-masing. Dengan menanyakan seperti "Bro HP lu Google pixel 2 ya?", terus kalian bisa lanjutin nanya "Gimana bro enak gak buat dipake sehari-hari?" "Lag gak setelah dipakai lama?". Dari sana tuh kalian bisa bicarain tentang gadget yang pasti bahasaanya bakal panjang.

4. Menanyakan keluarga

Keluarga merupakan bahasan yang panjang banget nih bila diobrolin, kita bisa awali nih bertanya dengan "lu orang mana bro?" "Ayah Ibu lu orang mana bro?" "lu punya saudara gak bro?". Dari sini kalian bisa tuh saling tuker pertanyaan satu sama lain. Dari topik keluarga ini banyak sekali yang bisa kalian kembangkan untuk melanjutkan pembicaraan kalian, jadi kalian kembangin sendiri ya.


5. Memuji lawan bicara


Siapa sih yang engga suka dipuji, setiap orang pasti suka dipuji, dengan bilang "Baju lu keren bro" "Lu keliatan gagah bro" "Sepatu lu bagus bro". Dengan memberikan puj-pujian seperti itu kita bisa memberikan kesan baik  ke seseorang yang bahkan bisa membuat lawan berbicara menngingat kita misalnya "Eh itu kan rudi yang ngemuji gua kemarin, baik tuh orangnya, ganteng lagi". Tetapi ingat, memuji juga punya aturannya tersedendiri, yatu dengan pujian yang masuk akal, karena mereka gak bodoh yang bisa dibohongi dengan pujian bohongan, karena pujian bohongan bisa membuat stigma negatif terhadap kita contohnya "Ini orang muji-muji keknya ada maunya". Jadi lebih selekstif ya dalam memuji lawan bicara.

6. Menanyakan Rencana/Kejadian Seminggu Akan Datang/Yang Lalu Ke Lawan Bicara Seseorang

Menanyakan kejadian seminggu yang lalu seperti "Seminggu ini lu ngapain aja bro" ke orang yang belum dikenal sepertinya agak canggung. Tapi, bertanya seperti ini untuk teman lama/rekan bisnis merupakan salah satu topik yang bisa dibicarakan. Bahkan kalian bisa memperoleh keuntungan dengan pembicaaraan seperti  ini, misalnya "Gua lagi nyari rekan kerja nih seminggu ini gak ada yang cocok" kalian bisa tuh ajukan diri sebagai rekan kerjanya, dapet untung deh.

Selain topik yang ada disini kalian juga harus memperhaikan gestur, arah mata agar lawan bicara betah berbicara betah dengan obrolan kalian, hal ini akan saya bahas di artikel berikutnya.

Sumber : https://youtu.be/tdzPo92lmz0

6 Topik Membuka Pembicaraan Dengan Orang Lain 6 Topik Membuka Pembicaraan Dengan Orang Lain Reviewed by Muhammad Khairadhi on April 27, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.