top navigation

Pengelempokan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya dan Contoh Hewannya

IPA Kelas IV “Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya ...

Pengelompokan Hewan – Hewan bisa dibedakan menurut jenis makanannya. Pengelompokan hewan berdasarkan makanan ini juga menjadi penentu posisi hewan tersebut dalam rantai makanan. Kumpulan beberapa rantai makanan akan membentuk jaring-jaring makanan. Sebagai contoh Jaring-jaring Makanan Di Sungai

Pengelompokan Hewan Berdasarkan Makanan

Hewan di dunia ini dibagi menjadi empat kelompok besar menurut jenis makanannya. Ada yang masuk kategori herbivora, omnivora, karnivora, dan juga insektivora. Selengkapnya silahkan simak berikut ini.

1. Hewan Herbivora

√9+ Contoh Hewan Herbivora [Terlengkap] Beserta Ciri-Cirinya

Pengelompokan hewan berdasarkan makanan yang terendah urutan kedua yang memakan produsen dalam piramida makanan adalah herbivora. Piramida makanan terkait erat dengan jaring-jaring makanan, yang mana keduanya sangat penting dalam menjaga Keseimbangan Ekosistem.

Sebagaimana kita ketahui dalam piramida makanan urutan paling rendah Produsen, kemudian Konsumen I dan Konsumen II dan yang paling tinggi adalah kelompok predator/pemangsa yang menempati konsumen ke III

Kelompok herbivora ini adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan yang sebagai produsen artinya mampu melakukan Proses Fotosintesis. Kelompok hewan ini menjadikan bagian dari tumbuhan mulai dari daun, batang, dan juga ranting sebagai sumber energi tubuhnya.

Kelompok herbivora adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan.

Ciri-ciri hewan herbivora antara lain :

  • Memiliki jenis gigi geraham yang berfungsi untuk mengunyah makanan.
  • Memiliki sistem pencernaan yang kompleks. Misalnya pada hewan ruminansia yang punya berbagai enzim pencernaan.
  • Hewan pemamah biak memiliki 2 lambung dengan fungsi yang berlainan.
  • Sistem pencernaan herbivora umumnya mampu mengubah daun dan ranting pohon menjadi glukosa sebagai bahan pembentukan energi melalui bantuan enzim.

Ada banyak hewan herbivora yang biasa ditemui di sekitar kita misalnya seperti sapi, kambing, kerbau, kijang, dan lain sebagainya. Sayangnya, dalam rantai makanan posisi hewan herbivora adalah konsumen tingkat pertama yang langsung memakan produsen (tumbuhan) dan bisa dimangsa oleh hewan karnivora yang sebagai konsumen tingkat kedua.

2. Hewan Omnivora

Hewan Herbivora, Karnivora, Omnivora, Insektivora dan Contohnya ...

Hewan omnivora adalah kelompok hewan yang bisa memakan baik tumbuhan ataupun hewan. Kelompok hewan ini bisa juga disebut pemakan segalanya. Banyak contoh makhluk hidup termasuk hewan yang masuk kedalam kelompok ini.

Manusia adalah contoh terbaik untuk spesies omnivora yang memakan tumbuhan dan juga hewan sebagai sumber energi. Contoh dari kalangan hewan antara lain adalah babi, tikus, luwak, unggas, dan bekantan.

Hewan omnivora adalah kelompok hewan yang bisa memakan baik tumbuhan ataupun hewan.

Ciri-ciri hewan omnivora antara lain :

  • Struktur giginya berupa gigi seri, gigi taring, dan geraham.
  • Gigi seri berguna untuk memotong makanan berupa daun ataupun daging.
  • Gigi taring berfungsi untuk mencabik daging.
  • Gigi geraham berfungsi untuk menghancurkan dan mengunyah makanan.
  • Sistem pencernaan hewan omnivora umumnya kompleks karena menyesuaikan dengan jenis makanan yang dikonsumsinya.

3. Hewan Insektivora

Apa contoh hewan Insektivora - (Penjelasan lengkap) Usaha321.net

Hewan insektivora adalah kelompok hewan yang mengkonsumsi serangga sebagai makanannya. Hewan jenis insektivora ini tidak hanya memakan serangga hidup, namun akan memakan telur dan ulat.

Bahkan, hewan ini juga akan memakan kepompong, hingga imago atau serangga dewasa yang ditemukan. Contoh dari insektivora adalah golongan reptil, amfibi, ikan, dan juga unggas.

Hewan insektivora adalah kelompok hewan yang mengkonsumsi serangga.

Hewan jenis insektivora tidak berada dalam kelas predator dalam rantai makanan. Mereka adalah konsumen tingkat kedua yang memakan konsumen tingkat pertama berjenis serangga. Artinya hewan jenis insektivora juga bisa diburu dan dimakan oleh hewan predator/karnivora.

4. Hewan Karnivora

Pengertian Hewan Karnivora (Ciri-ciri, Contohnya, dan Habitanya)

Karnivora adalah golongan hewan yang mengkonsumsi daging sebagai sumber energinya. Posisi karnivora dalam rantai makanan menempati urutan teratas dan bertindak sebagai pemangsa atau predator. Hewan karnivora hanya bisa dimakan oleh predator yang urutannya lebih tinggi dalam rantai makana.

Hewan Karnivora adalah golongan hewan yang mengkonsumsi daging.

Ciri-ciri yang dimiliki oleh hewan karnivora antara lain :

  • Memiliki gigi yang tajam. Susunan giginya terdiri dari gigi taring yang kuat.
  • Gigi taring digunakan hewan karnivora untuk menggigit dan mencabik-cabik mangsanya.
  • Karnivora yang hidup di darat biasanya berjenis mamalia yang berkembang biak dengan cara beranak/vivipar. Mereka juga memiliki cakar yang tajam untuk menangkap mangsa.
  • Hewan karnivora yang hidup di laut umumnya berkembang biak dengan cara vivipar (bertelur) dan punya ukuran tubuh yang lebih besar dibanding spesies laut lainnya.
  • Karnivora dari kalangan burung biasanya memiliki cakar tajam dan juga paruh yang runcing.

Contoh hewan karnivora sebagai berikut :

  • Kelompok mamalia : singa, macan, jaguard, hyena, serigala, beruang hitam, dan lain sebagainya.
  • Kelompok ikan : hiu, piranha, dan lain sebagainya.
  • Kelompok burung : elang, gagak, dan lain-lain.

Cukup sekian dulu ya materi terkait Pengelompokan Hewan Berdasarkan Makanan. Nantikan materi-materi menarik yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Pengelempokan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya dan Contoh Hewannya Pengelempokan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya dan Contoh Hewannya Reviewed by Muhammad Khairadhi on July 15, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.