top navigation

Ingin Terlihat Lebih Bekuasa Dari Lawanmu ? Lakukan Hal-Hal Berikut

Jangan Melawanku, Aku Berkuasa! Halaman 1 - Kompasiana.com

Apa itu kekuasaan? Dan bagaimana cara kamu mendapatkannya?

Kekuasaan merupakan “ukuran derajat kendali yang kamu miliki pada keadaan di kehidupan dan tindakan dari orang-orang di sekelilingmu. Kekuatan ialah keahlian yang dikembangkan dengan pemahaman mendalam tentang sifat manusia, dari apa yang benar-benar dapat memotivasi orang-orang, dan kebutuhan manipulasi untuk kemajuan dan keamanan.

Robert Greene, penulis “The 48 Laws of Power,” memiliki beberapa caranya.

Jangan ‘terlihat’ lebih cemerlang dari atasanmu

“Selalu membuat mereka yang berada di atasmu merasa nyaman menjadi lebih unggul. Jika kamu ingin menyanjung atau memberi kesan kepada mereka, jangan terlalu jauh menunjukkan kemampuanmu atau kamu mungkin akan mendapatkan yang sebaliknya – memberikan rasa takut dan tidak nyaman. Buat atasan/seniormu terlihat lebih brilian dari mereka yang sebenarnya dan kamu akan mencapai puncak kekuatan.

Jangan terlalu mempercayai teman; belajar cara menggunakan lawan.

Waspada terhadap temanmu – mereka akan mengkhianatimu lebih cepat, karena mereka lebih mudah merasa iri. Mereka juga dapat menjadi lebih manja dan kejam. Gunakan lawan terdahulumu dan dia akan lebih setia daripada temanmu, karena dia harus berjuang lebih keras untuk membuktikan bahwa dia telah berubah. Nyatanya, kamu harus lebih takut kepada temanmu ketimbang lawanmu. Jika kamu tidak memiliki lawan, cari caranya untuk membuatnya.

Sembunyikan tujuanmu

Hilangkan keseimbangan orang lain dan buat mereka selalu buram dengan tidak pernah mengungkapkan tujuan dibalik setiap tindakanmu. Jika mereka tidak punya petunjuk tentang apa yang sedang kamu lakukan, mereka tidak dapat menyiapkan pertahanan. Tuntun mereka hingga cukup jauh ke tujuan yang salah, selalu selimuti mereka di kabut, dan ketika mereka sadar dengan tujuanmu, mereka sudah terlambat.

Selalu berbicara kurang dari yang dibutuhkan

Ketika kamu mencoba untuk memberi kesan kepada orang-orang melalui kata, semakin banyak yang kau ucapkan, semakin sering kamu tampak, semakin sedikit pengaruhmu pada mereka. Kalaupun kamu mengatakan sesuatu yang biasa, itu akan terlihat orisinil jika kau membuatnya samar-samar, dengan akhir yang gamang, dan sulit dimengerti. Orang-orang yang berkuasa mengesankan dan mengintimidasi dengan sedikit berbicara. Semakin kamu banyak berbicara, semakin kelihatan jika kamu mengatakan sesuatu yang bodoh.

Reputasi sangatlah penting – jaga dengan kehidupanmu

Reputasi merupakan landasan dari kekuatan. Melalui reputasi-lah kamu dapat mengintimidasi dan menang; ketika reputasi luput, kamu sangat-lah rapuh, dan dapat diserang dari segala sisi. Buat reputasimu tak dapat dikalahkan. Selalu waspada pada setiap serangan yang potensial dan halangi sebelum hal itu terjadi. Sementara itu, pelajari cara untuk menghancurkan lawanmu dengan membuka lubang pada setiap reputasinya. Lalu menyingkir dan biarkan opini publik yang menggantungnya.

Cari perhatian bagaimanapun caranya

Setiap hal dinilai dengan penampilan; apa yang tak terlihat tidak pernah dihitung. Jangan pernah membiarkan dirimu tersesat di kerumunan, atau kau akan terlupa. Tonjolkan dirimu. Buat dirimu mencolok dari yang lain, bagaimanapun caranya. Buat dirimu menjadi magnet perhatian dengan terlihat lebih besar, lebih berwarna, lebih misterius dari kerumunan yang lunak dan malu-malu.

Buat agar orang lain bekerja untumu, namun selalu ambil reputasi

Gunakan kearifan, pengetahuan, dan pekerjaan orang lain untuk menguntungkan kemauanmu. Tidak hanya akan membantumu menghemat waktu dan energi yang berharga, hal ini akan memberikanmu kecepatan, efisiensi, dan aura seperti dewa. Pada akhirnya pembantumu akan dilupakan dan kau akan diingat. Jangan pernah lakukan segala hal yang orang lain dapat lakukan untukmu.

Buat orang lain datang padamu – gunakan umpan jika diperlukan

Ketika kau memaksa orang lain untuk bertindak, secara langsung kamu yang memegang kendali. Selalu lebih baik, untuk lawanmu datang kepadamu, lalu buat dia melupakan rencana awalnya. Pikat dia dengan keuntungan yang luar biasa – lalu serang. Kini, kamu yang memegang kartu.

Menang melalui apa yang kau lakukan, bukan apa yang kau katakan

Segala keberhasilan sementara yang kau pikir kau dapatkan melalui perdebatan benar-benar merupakan kemenangan yang semu. Kemarahan dan rasa sakit akan membangkitkanmu lebih kuat dan lebih lama dari pada perubahan sementara yang muncul dari pendapat. Sangat lebih mudah dan berkuasa membuat orang setuju denganmu melalui apa yang kamu lakukan, bukan dengan apa yang kamu katakan. Buktikan, bukan jelaskan.

Karena hal ini menular: Hindari mereka yang tidak bahagia dan tidak beruntung.

Kamu benar-benar bisa mati karena penderitaan orang lain – keadaan emosional dapat menular sama seperti penyakit. Kamu mungkin merasa jika kamu sedang menolong orang yang tenggelam, namun sebenarnya kamu sedang mempersiapkan bencanamu sendiri. Orang-orang yang tidak beruntung kadang-kadang membuat ketidak-beruntungan pada diri mereka sendiri; mereka juga akan menyeret kamu di dalamnya. Malahan, bergaul-lah dengan mereka yang bahagia dan beruntung.

Cari cara agar orang selalu bergantung padamu

Untuk menjaga kebebasanmu, kamu harus selalu dibutuhkan dan diinginkan. Semakin banyak orang yang mengandalkanmu, semakin bebaslah kamu. Buat orang lain bergantung padamu karena kebahagiaan dan kesejahteraan mereka dan kamu tidak perlu lagi takut. akan apapun. Jangan pernah mengajarkan mereka cukup sehingga mereka dapat bekerja tanpamu.

Pilih-pilih kepada siapa kamu jujur dan ramah untuk melumpuhkan lawanmu

Satu tindakan keikhlasan dan kejujuran dapat menutup lusinan lebih ketidak-jujuran. Perilaku hati yang jujur dan dermawan akan menjatuhkan pertahanan bahkan bagi orang-orang yang paling mencurigaimu sekalipun. Setelah kejujuran ‘selektif’ itu membuat lubang di pertahanan mereka, kamu dapat memperdaya dan memanipulasi mereka dengan keinginanmu. Sama seperti panglima Roma memberikan hadiah kuda Trojan kepada penduduk Yunani.

Ketika meminta bantuan,  gunakan solusi menang-menang

Jika kau ingin meminta bantuan kepada sekutumu, jangan pernah mengingatkan dia bantuan dan tindakan yang pernah kau lakukan untuknya. Dia mungkin akan mengabaikanmu. Malah, ungkap keinginganmu yang dapat menguntungkannya, dan tekankan keuntungan baginya dalam keinginanmu. Dia akan merespon secara antusias ketika dia melihat keuntungan baginya.

Bersikap seperti teman, bekerja seperti mata-mata

Sangat penting untuk mengetahui tentang lawanmu. Gunakan cara mata-mata untuk mendapatkan informasi penting yang dapat selalu membuatmu di depan. Dalam dunia sosial yang lebih sopan, belajar cara menggali informasi. Tanyakan pertanyaan tidak langsung untuk membuat orang lain mengungkapkan tujuan dan kelemahannya. Tidak ada kesempatan bukan merupakan kesempatan dalam dunia mata-mata.

Hancurkan lawanmu secara keseluruhan

Semua pemimpin hebat sejak Musa telah tahu bahwa musuh yang ketakutan harus dihancurkan habis-habisan. Jika satu bara api masih nyala, seberapa kecilpun apinya, pada akhirnya ia akan menyala juga. lebih banyak yang kalah ketika berhenti di tengah jalan dari pada jatuh di saat-saat akhir. Lawan pasti akan sembuh dan akan membalas dendam. Hancurkan mereka, tidak hanya secara fisik namun juga secara psikologis.

Gunakan ketidak-hadiranmu untuk meningkatkan rasa hormat dan segan

Terlalu banyak sirkulasi akan menyebabkan harga jatuh turun: Semakin sering kamu terlihat dan terdengar, semakin sering kamu akan tampak kelihatan. Jika kamu telah membentuk sebuah kelompok, menarik diri untuk sementara waktu akan membuatmu sering menjadi bahan pembicaraan, bahkan akan lebih dikagumi. Kamu harus belajar kapan waktuyang tepat untuk pergi. Seperti hukum ekononomi, ciptakan nilai melalui kelangkaan.

Tetap buat orang lain berada dalam kengerian yang menggantung: Ciptakan selalu aura yang tak terduga

Manusia merupakan makhluk hidup dengan kebutuhan yang tak pernah puas untuk melihat kesamaan pada tindakan orang lain. Tindakanmu yang mudah diprediksi oleh orang lain memberikan mereka rasa menguasai dan mengendalikan. Putar mejanya: Buat setiap tindakanmu tak dapat diprediksi. Sifat yang kelihatannya tidak memiliki konsistensi atau tujuan akan membuat mereka kehilangan keseimbangan, dan mereka akan sangat sulit mencoba mengartikan setiap tindakanmu. Jika dibawa serius, strategi ini dapat mengintimidasi dan memberikan kengerian.

Jangan pernah membuat benteng untuk melindungi dirimu – pemisahan diri sangat berbahaya

Dunia sangat berbahaya dan musuh ada di mana-mana – setiap orang harus melindungi diri mereka sendiri. Benteng pertahanan kelihatannya merupakan cara yang terbaik. Namun mengasingkan diri membuat dirimu mendapatkan lebih banyak bahaya dari pada melindungimu – Hal ini akan memutuskanmu dari informasi berharga, dan juga membuatmu dicurigai dan menjadi target yang mudah. Lebih baik bersama orang-orang, cari sekutu, lalu bergaul. Kamu akan lebih terlindungi dari musuhmu di kerumunan.

Cari tahu dengan siapa kau berurusan – jangan melakukan kesalahan dengan orang yang salah

Terdapat banyak jenis orang di dunia ini, dan kau tidak pernah dapat mengasumsikan bahwa setiap orang akan mengikuti strategimu. Menipu atau mengakali beberapa orang akan membuat mereka mencari cara seumur hidup untuk membalas dendam. Mereka serigala berbulu domba. Pilih korban dan lawanmu secara hati-hati, dan – jangan pernah menyerang atau menipu orang yang salah.

Jangan pernah percaya siapapun

Sangat bodoh jika kamu terlalu terburu buru memilih pihak. Jangan pernah memilih menjadi pihak manapun. Dengan menjaga independensimu, kamu menjadi tuan bagi orang lain – mengadu-dombakan satu dengan yang lain, membuat mereka mengejarmu

Jadilah orang bodoh untuk menangkap orang bodoh – perlihatkan kau lebih bodoh dari yang orang kira

Tidak ada orang yang suka kelihatan bodoh dari orang di sampingnya. Triknya, ialah untuk membuat si korban terlihat lebih pintar – tidak hanya pintar, namun lebih pintar dari kamu. Tepat setelah mereka teryakinkan, mereka tidak akan pernah mencurigai bahwa kamu memiliki tujuan yang tersembunyi.

Gunakan taktik menyerah: Ubah kelemahan menjadi kekuatan

Jika kamu hampir kalah, jangan pernah bertarung untuk mempertaruhkan kehormatan; malah lebih baik untuk menyerah. Menyerah memberikanmu waktu untuk pulih, waktu untuk menyiksa dan mengganggu pemenang, waktu untuk menunggu hingga kekuatannya melemah. Jangan memberikannya kepuasan bertarung dan mengalahkanmu – menyerah dahulu. Jadikan penyerahan alat kekuatan.

Satukan kekuatanmu

Jaga kekuatan dan energimu dengan membuatnya terkonsentrasi pada titik yang terkuat. Kamu akan memperoleh lebih dengan mencari tambang yang kaya dan menambang jauh ke dalam, dari pada berganti-ganti dari satu tambang ke tambang yang lain – intensitas selalu mengalahkan ekstensitas. Ketika mencari sumber kekuatan untuk mengangkat dirimu, temukan satu penyokong utama, seperti sapi gendut yang akan memberikanmu susu dalam jangka waktu yang lama.

Jadi pemuji yang handal

Pemuji yang handal selalu beruntung di dunia di mana setiap hal berputar di sekitar kekuasaan dan kecekatan politis. Dia telah menguasai seni tipuan; dia memuji-muji, mengalah pada yang lebih berkuasa, dan menuntut kekuatan pada orang lain dengan cara yang paling anggun dan tak langsung. Pelajari dan terapkan hukum pemujian dan tidak akan ada batas akan seberapa jauh kamu dapat muncul di tempatmu.

Ciptakan dirimu yang baru

Jangan menerima peran yang diberikan orang lain padamu. Ciptakan dirimu yang baru dengan membuat identitas baru, yang selalu mengundang perhatian dan tidak pernah membuat penonton bosan. Jadi ulung dengan image-mu sendiri dari pada membiarkan orang lain memberikanmu peran. Gabung rencana dramatis tindakan dan sikap publikmu – kekuatanmu akan meningkat dan karaktermu akan terlihat lebih besar dari hidupmu.

Jaga tanganmu tetap bersih

Kamu harus kelihatan seorang teladan bagi kesopanan dan efisiensi: Tanganmu tidak boleh kotor dengan kesalahan dan perbuatan kotor. Tetap pertahankan penampilan yang tak ternoda dengan menggunakan orang lain sebagai kambing hitam dan alat untuk menyamarkan keterlibatanmu.

Bertingkah laku pada apa yang orang percayai untuk menciptakan pengikut

Orang-orang memiliki keinginan yang luar biasa untuk percaya akan sesuatu. Jadi lah titik fokus dari hasrat orang lain dengan menawarkan kepada mereka sebab, kepercayaan baru untuk diikuti. Tetap membuat setiap kata-katamu bias namun pernuh dengan janji-janji; pertegas entusiasme melebihi rasionalitas dan pemikiran yang jernih. Berikan disiplin ritual untuk dilakukan, minta mereka untuk mengorbankan sesuatu atas keinginanmu. Saat ketidak-hadiran kepercayaan yang terorganisir dan penyebab yang besar, sistem kepercayaan barumu akan membawamu pada kekuatan yang tak terbantahkan.

Bertindak dengan keberanian

Jika kamu tidak yakin dengan tindakanmu, jangan lakukan. Keraguanmu akan menginfeksi tindakanmu. Sifat takut itu berbahaya: Lebih baik masuk dengan keberanian. Setiap kesalahan yang kamu lakukan dengan keberanian sangat mudah dikoreksi dengan lebih banyak keberanian. Setiap orang mengagumi keberanian; tidak ada orang yang menghargai ketakutan.

Rencanakan hingga ke akhir

Akhir merupakan segalanya. Rencanakan hingga ke akhir, lakukan segala perhitungan semua resiko, rintangan, dan putaran keberuntungan yang mungkin akan memutar balikkan seluruh kerja kerasmu dan memberikan kemenangan itu kepada orang lain. Dengan merencanakan seluruhnya hingga akhir kamu tidak akan kewalahan dengan keadaan dan kamu akan tahu kapan harus berhenti. Secara lembut pandu keberuntunganmu dan bantu menentukan masa depan dengan berfikir jauh ke depan.

Buat prestasimu kelihatan sangat mudah dicapai

Tindakanmu harus kelihatan lebih alami dan dilakukan dengan mudah. Seluruh kerja keras dan latihan yang kamu lakukan, serta trik-trik cerdas, harus kamu disembunyikan. Ketika kamu bertindak, bertindaklah dengan mudah, seolah-olah kamu dapat melakukannya lagi. Jauhi godaan untuk mengungkapkan bagaimana kerasnya kamu bekerja – itu hanya akan mengajukan banyak pertanyaan. Jangan ajarkan mereka trik-trik yang kamu gunakan atau mereka akan melawanmu lagi.

Kuasai semua pilihan: Buat orang lain bermain dengan kartu yang kamu atur

Tipu Muslihat terbaik ialah, yang kelihatannya memberikan pilihan kepada orang lain: korbanmu kelihatan memiliki kendali pada dirinya, padahal sebenarnya dia merupakan bonekamu. Berikan orang lain pilihan yang sebenarnya menguntungkanmu. Paksa mereka untuk membuat pilihan di antara dua rencana jahat, yang semuanya melayani tujuanmu. Taruh mereka di ujung tanduk: Mereka akan terluka kemanapun mereka pergi.

Mainkan fantasi orang lain

Kebenaran sering dihindari karena kadang hal itu buruk dan tidak menyenangkan. Jangan pernah menampilkan kebenaran dan realita kecuali kamu telah siap untuk kemarahan yang datang dengan kekecewaan. Hidup ini kasar dan menyedihkan hingga orang-orang yang dapat membuat romantisme atau menciptakan fantasi ialah seperti oasis di gurun: semua orang akan berkumpul padanya. Terdapat kekuatan besar saat mengetuk fantasi pada orang banyak.

Temukan setiap kelemahan orang

Setiap orang memiliki kelemahan, jurang pemisah di dinding kastil. Kelemahan itu biasanya membuat kebutuhan atau emosi yang tak dapat dikuasai dan tidak menyenangkan, namun juga dapat menjadi kenikmatan rahasia. Apapun itu, ketika ditemukan, dapat kau gunakan untuk menguntungkan kepentinganmu.

Ikuti mode: Bertindak seperti raja jika ingin diperlakukan seperti raja

Cara dirimu memperlakukan dirimu sendiri sering menentukan bagaimana orang lain akan memperlakukan dirimu. Memperlihatkan dirimu secara tidak sopan atau sejenisnya akan membuat orang lain tidak menghormati dirimu. Sebagai seorang raja, sangat penting baginya untuk menghormati dirinya sendiri dan menginspirasi perasaan yang sama kepada orang lain. Dengan bertindak sebagai raja dan percaya akan kekuatanmu, kamu membuat dirimu sendiri terlihat ditakdirkan menggunakan mahkota.

Kuasai seni mengelola waktu

Jangan pernah kelihatan terburu-buru, itu akan membuatmu kehilangan kendali terhadap dirimu sendiri. Selalu kelihatan sabar, seperti kau sudah tahu pada akhirnya semua hal akan datang kepadamu. Menjadi detektif di waktu yang tepat; mengelola waktu, cenderung akan memberikanmu kekuatan. Pelajari untuk mundur ketika waktunya kurang tepat, dan serang secara ganas ketika waktunya telah sempurna.

Remehkan sesuatu yang tidak dapat kau miliki: Mengabaikannya merupakan cara balas dendam yang terbaik.

Dengan mengetahui masalah kecil, kau membuatnya menjadi besar dan dapat dipercaya. Semakin kamu memberikan perhatian kepada lawan, semakin kau membuatnya kuat; dan kesalahan kecil kadang membuat lebih buruk dan semakin kelihatan ketika kau mencoba untuk memperbaikinya. Kadang, membiarkannya saja menjadi pilihan terbaik. Jika terdapat sesuatu yang kamu inginkan namun kamu tidak bisa, tunjukkan rasa jijik padanya. Semakin kamu kelihatan tidak tertarik, semakin kamu kelihatan lebih superior.

Ciptakan pertunjukkan besar yang agak memaksa

Menciptakan gambaran dan gestur simbol yang megah menciptakan aura kekuatan – semua orang akan menanggapinya. Buat panggung megah untuk orang-orang di sekitarmua, lalu, penjarakan mereka di atraksi penuh visual dan gunakan simbol-simbol untuk mempertinggi kehadiranmu. buat orang lain terpesona dengan pertunjukkan, lalu tidak akan ada lagi orang yang memperhatikan apa yang sebenarnya kamu lakukan.

Berpikir semaumu namun berkelakukan seperti orang lain

Jika kamu melakukan suatu hal yang bertentangan dengan waktu, memamerkan ide gilamu dengan cara yang tak lazim akan membuat orang lain berfikir bahwa kau hanya menginginkan perhatian dan melihat sebelah mata kepada mereka. Lalu mereka akan menghukummu karena membuat mereka merasa rendah. Sangat lebih aman untuk membaur bersama mereka dan menaruh segala hal dengan sentuhan yang biasa. Bagi ide orisinilmu dengan teman-teman yang toleran dan dengan mereka yang kamu percaya sangat mengapresiasikan keunikan.

Atur kemana air mengalir untuk menangkap ikan

Kemarahan dan emosi sangat menantang produktifitas secara strategis. Kamu harus benar-benar tenang dan objektif. Namun jika kamu dapat membuat musuhmu marah dengan menenangkan dirimu, kamu mendapatkan keuntungan. Buat lawanmu kehilangan keseimbangan: Temukan celah di antara kesembongan mereka melalui cara yang dapat membuat mereka bingun dan kau akan memegang garis merahnya.

Jangan pernah menerima makan siang gratis

Apa yang ditawarkan dengan cuma-cuma merupakan bencana – hal itu biasanya melibatkan entah itu muslihat atau permintaan yang tersembunyi. Apa yang berharga, berharga untuk dibayar. Dengan membayar caramu sendiri, kamu bersih dari balas budi, kesalahan, dan ketidak-jujuran. Sangat bijak jika kamu membayar dengan harga penuh untuk apapun – tidak ada jalan pintas untuk sesuatu yang sempurna. Royal dengan uangmu dan jaga itu tetap bersirkulasi, karena kedermawanan merupakan tanda dan magnet kekuatan.

Hindari sembunyi di balik kesuksesan orang besar

Apa yang terjadi pertama kali terlihat lebih baik dan lebih orisinil dari apa yang datang selanjutnya. Jika kamu sukses karena kamu orang hebat atau memiliki orang tua terkenal, kamu akan melipat-gandakan prestasi dan membuat mereka lebih cemerlang. Jangan tersesat di antara bayangan orang lain, atau melekat di masa lalu yang bukan milikmu. Bangun namamu sendiri dan identitas dengan mengganti jalur. Jauhi ayah yang suka memaksa kehendaknya, abaikan warisannya, dan raih kekuatan dengan menyinari jalanmu sendiri.

Serang gembalanya dan kambing akan ikut sendiri

Masalah sering dapat dilacak pada satu orang kuat saja – provokator, garis keras, dan para pemberi racun pergerakan. Jika kamu memberikan mereka ruang untuk bergerak, orang lain akan mengalah pada pengaruhnya. Jangan menunggu untuk masalah yang mereka akan gandakan, jangan mencoba untuk bernegosiasi dengan mereka – mereka orang yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Netralisir pengaruh mereka dengan mengisolasi dan membuang mereka. Serang pada sumber masalah dan domba akan mengikut saja.

Kerja dengan hatimu dan pikiran orang lain

Paksaan menciptakan reaksi yang pada akhirnya akan bekerja melawanmu. Kamu harus merayu orang lain untuk mengikuti sesuai arahanmu. Seseorang yang telah kamu rayu akan menjadi pion setiamu. Dan cara terbaik untuk merayu orang lain terletak pada kelemahan dan psikologi individual masing-masing orang. Lunakkan pertahanan mereka dengan bekerja pada emosi mereka, bermain pada apa yang paling mereka sayangi dan apa yang paling mereka takuti. Mengabaikan hati dan pikiran mereka akan membuat mereka tumbuh dengan membencimu.

Berdayakan orang dengan efek kaca

Cermin merefleksikan realitas, namun juga alat yang sempurna untuk tipu muslihat: Ketika kamu mencerminkan lawanmu, lakukan persis apa yang mereka lakukan, mereka tidak dapat mengungkapkan strategimu. Efek Cermin menertawakan dan menghina mereka, membuat mereka bereaksi terlalu berlebihan. Dengan mencerminkan jiwa, kau merayu mereka dengan ilusi nilai-nilai mereka yang kamu tunjukkan; dengan mempertahankan cermin untuk setiap tindakan mereka, kamu mengajarkannya pelajaran. Hanya sedikit yang dapat melawan kekuatan dari Efek Cermin.

Mengajarkan perlunya perubahan, namun jangan pernah melakukan perubahan yang terlalu banyak sekaligus

Setiap orang mengerti perlunya perubahan, namun manusia merupakan makhluk kebiasaan. Terlalu banyak inovasi dalam kurun waktu yang sangat singkat dapat menjadi traumatik dan akan menyebabkan pemberontakan. Jika kamu baru pada posisi kekuasaan, atau orang luar yang mencoba membangun kekuatan, buat sandiwara bahwa kau menghormati kebiasaan-kebiasaan lama. Jika perubahan dibutuhkan, buat hal ini terasa seperti perbaikan lembut dari masa lalu.

Jangan terlihat terlalu sempurna

Terlihat lebih baik dari pada orang lain selalu sangat berbahaya, namun yang paling berbahaya dari semuanya ialah terlihat tidak memiliki kesalahan dan kelemahan. Cukup pintar jika adakalanya terlihat cacat, dan mengakui sifat burukmu yang tidak mencelakai orang lain, untuk menangkis kecemburuan dan terlihat lebih manusiawi dan dapat didekati. Hanya Tuhan dan kematian yang terlihat sempurna dengan kekebalan.

Jangan melewati sasaran yang telah kau usahakan; saat menang, belajar untuk berhenti

Momen kemenangan sering menjadi momen berbahaya yang paling besar. Saat kemenangan sedang panas-panasnya, arogansi dan terlalu percaya diri dapat mendorongmu melewati dari tujuan yang telah kamu capai, dan dengan pergi terlalu jauh, kamu membuat lebih banyak lawan dari pada yang telah kau kalahkan. Jangan pernah mengizinkan kesuksesan untuk pergi jauh dari tujuanmu. Tidak ada yang dapat menggantikan strategi dan rencana yang hati-hati. Atur tujuanmu dan ketika kau telah mencapainya, berhentilah.

Asumsikan keabstrakan

Dengan membuat bentuk dan dengan memiliki rencana yang tampak, kamu mengizinkan dirimu sendiri untuk diserang. Daripada membuat bentuk sehingga lawanmu dapat merebutnya, buat dirimu dapat beradaptasi dalam lingkungan apapun dan selalu fleksibel. Terima kenyataan bahwa tidak ada yang pasti dan tidak ada hukum yang statis. Cara terbaik untuk melindungi diri ialah dengan menjadi air yang mengalir dan tak berbentuk: jangan bertaruh pada stabilitas atau apapun yang bertahan lama. Segala hal pasti berubah.

Ingin Terlihat Lebih Bekuasa Dari Lawanmu ? Lakukan Hal-Hal Berikut Ingin Terlihat Lebih Bekuasa Dari Lawanmu ? Lakukan Hal-Hal Berikut Reviewed by Muhammad Khairadhi on July 24, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.