top navigation

Pengertian Kohesi dan Koherensi dan Contohnya

Promo Gramedia Palmerah: Buka Gudang Diskon 50% Semua Buku - Tirto.ID

Pengertian Kohesi

Kohesi  adalah hubungan keterkaitan  antarposisi  yang  dinyatakan secara ekplisit  oleh unsur-unsur gramatikal dan semantik dalam  kalimat-kalimat yang membentuk wacana (Hasan Alwi, 2003:427).

Jika dalam sebuah  wacana terdapat keserasian hubungan antarunsur-unsur  yang ada  dalam  wacana  maka  wacana tersebut merupakan wacana yang kohesif.

Contoh Kohesi

Seminggu  lamanya  Udin dan  Siti berlibur di  rumah  pamannya. Udin dan  Siti memperoleh banyak informasi  baru mengenai  tanaman jagung untuk melengkapi tugasnya  membuat laporan. Informasi  itu antara lain adalah bahwa  jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai tempat,  juga  di  Indonesia.  Contohnya,  penduduk  Pulau  Madura   menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil  karbohidrat yang  sangat  diperlukan oleh  tubuh. Selain itu, dia  juga mencari  gambar-gambar tentang perkembangbiakan tanaman jagung untuk melengkapi laporannya.

Wacana di atas termasuk wacana  yang tidak kohesif. Penggunaan kata ganti dia pada   kalimat   tersebut  tidak   jelas  mengacu   kepada   Udin  atau   Siti.  Wacana tersebut menjadi kohesif jika kata ganti dia diganti dengan mereka.

 

Pengertian Koherensi

Sudah Benarkah Cara Anda Memperlakukan Buku? - Citizen6 Liputan6.com

Koherensi  adalah  pengaturan secara  rapi  kenyataan dan gagasan, fakta dan ide menjadi suatu  untaian yang logis sehingga mudah  memahani pesan yang dikandungnya.

Koherensi   merupakan  keterkaitan  antara  bagian   yang   satu dengan  bagian  yang  lainnya  sehingga  wacana  tersebut  mempunyai kesatuan makna yang utuh.

Contoh Koherensi

Pak Gani memilih bertanam singkong di ladangnya. Ladang Pak Gani cukup luas. Pak Gani bertanam singkong, karena  menurutnya nilai  jual tanaman singkong cukup  tinggi.  Daun  singkong   dapat   dijual  untuk   dimasak   sebagai   sayur.  Disamping    itu,   umbinya    merupakan  salah   satu   bahan    makanan   penghasil karbohidrat.

Wacana  di atas  adalah  wacana  yang koheren karena  terdapat kesatuan makna kalimat-kalimat yang ada di dalamnya.

 

Pengertian Kohesi dan Koherensi dan Contohnya Pengertian Kohesi dan Koherensi dan Contohnya Reviewed by Muhammad Khairadhi on June 02, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.