top navigation

Pengertian, Unsur-Unsur, dan Ciri-Ciri Kebudayaan

A. Pengertian Budaya

PENGERTIAN BUDAYA adalah: Arti, Unsur, Wujud, dan Faktor Budaya

Secara umum, pengertian budaya adalah mengatur agar manusia bisa mengerti bagaimana seharusnya untuk bertindak, berbuat, menentukan sikap ketika berinteraksi dengan orang lain.

 

Istilah budaya dari kata culture yang merupakan istilah bahasa asing yang memiliki arti kebudayaan. Kata tersebut berasal dari bahasa latin “colere” yang berarti mengolah atau mengerjakan, yaitu mengolah tanah atau petani.

 

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, budaya merupakan sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi. Secara tata bahasa, arti atau makna dari kebudayaan diturunkan dari kata budaya dimana cenderung kearah cara berpikir manusia.

 

B. Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

1. Definisi Budaya Menurut E.B Taylor

Budaya merupakan komples yang mencakup pengetahuan kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan lain kemampuan-kemampuan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

2. Definisi Budaya Menurut Koentjaraningrat

Menurut Koentjaningrat kata budaya berasal dari kata “colere” kemudian “culture” yang diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam.

3. Definisi Budaya Menurut Linton

Budaya merupakan keseluruhan sikap dan pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan dan dimilik oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

5. Definisi Budaya Menurut Effat Al-Syarqawi

Beliau mendefinisikan bahwa pengertian budaya dari pandangan agama islam adalah khzanah sejarah sekelompok masyarakat yang tercermin di dalam kesaksian dan berbagai nilai yang menggariskan bahwa suatu kehidupan harus memiliki makna dan tujuan rohaniah.

6. Definisi Budaya Menurut Jensen dan Trenholm

 Budaya merupakan seperangkat norma, nilai, adat istiadat, kepercayaan, aturan, dan juga kode. Yang jika dilihat secara sosial mengartikan kelompok-kelompok tertentu, kemudian mengikat mereka satu dengan yang lainnya serta memberikan mereka kesadaran bersama.

7. Definisi Budaya Menurut Ki Hajar Dewantara

Budaya merupakan hasil perjuangan masyarakat terhadap zaman dan alam. Perjuangan ini membuktikan kejayaan dan kemakmuran hidup masyarakat dalam menghadapi kesulitan dan rintangan untuk dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan dalam hidupnya.

 

C. 7 Unsur-Unsur Kebudayaan

1. Bahasa

Belajar Bahasa Inggris VS Bahasa Mandarin — Kursus Les Privat ...

Suatu pengucapan yang indah dalam elemen kebudayaan dan sekaligus menjadi alat perantara yang utama bagi manusia untuk meneruskan atau mengadaptasikan kebudayaan. Ada dua bentuk bahasa yaitu lisan dan tulisan.

2. Sistem pengetahuan

XIAOMI VS IPHONE – Mari nge go-Blog

Unsur ini berkisar pada pengetahuan tentang kondisi alam sekelilingnya dan sifat-sifat peralatan yang dipakainya. Sistem pengetahuan meliputi ruang pengetahuan tentang alam sekitar, flora dan fauna, waktu, ruang dan bilangan, sifat-sifat dan tingkah laku sesama manusia, tubuh manusia.

3. Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial

Sistem kemasyarakatan suku Minangkabau

Dimaknai sebagai sekelompok masyarakat yang anggotanya merasa satu dengan sesamanya. Organisasi sosial meliputi: kekerabatan, asosiasi dan perkumpulan, sistem kenegaraan, sistem kesatuan hidup, perkumpulan.

4. Sistem peralatan hidup dan teknologi

7 Elemen Budaya Sistem Peralatan Hidup | Budaya Papua


Teknologi di sini dimaknai sebagai jumlah keseluruhan teknik yang dimiliki oleh para anggota suatu masyarakat, meliputi keseluruhan cara bertindak dan berbuat dalam hubungannya dengan pengumpulan bahan-bahan mentah, pemrosesan bahan-bahan itu untuk dibuat menjadi alat kerja, penyimpanan, pakaian, perumahan, alat transportasi dan kebutuhan lain yang berupa benda material. Unsur teknologi yang paling menonjol adalah kebudayaan fisik yang meliputi, alat-alat produksi, senjata, wadah, makanan dan minuman, pakaian dan perhiasan, tempat berlindung dan perumahan serta alat-alat transportasi.

5. Sistem mata pencaharian hidup

Jawa Mbudaya: Contoh Unsur Kebudayaan Mata Pencaharian

Ini merupakan segala usaha manusia untuk mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan. Sistem ekonomi ini meliputi, berburu dan mengumpulkan makanan, bercocok tanam, peternakan, perikanan, dan perdagangan.

6. Sistem religi

sistem religi kebudayaan - Going To Tehran

Perpaduan antara keyakinan dan praktek keagamaan yang berhubungan dengan hal-hal suci dan tidak terjangkau oleh akal. Sistem ini meliputi, sistem kepercayaan, sistem nilai dan pandangan hidup, komunikasi keagamaan, dan upacara keagamaan.

7. Kesenian

3 Macam Seni di Indonesia Dengan Contohnya

Kesenian dapat dimaknai sebagai segala hasrat manusia terhadap keindahan. Bentuk keindahan yang beraneka ragam itu timbul dari imajinasi kreatif yang dapat memberikan kepuasan batin bagi manusia. Pemetaan bentuk kesenian dapat terbagi menjadi tiga garis besar, yaitu; seni rupa, seni suara dan seni tari.

D. Unsur Unsur Kebudayaan Menurut Para Ahli

1. Melville J. Herkovits

Ia mengatakan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok yaitu :

·       Keluarga

·       Sistem Ekonomi

·       Alat-alat teknologi

·       Kekuasaan politik

2. Bronislaw Malinowski

Ia mengatakan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, akan tetapi sedikit berbeda dengan pendapat Melville J. Herkovits, yaitu :

·       Adanya sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk bisa menyesuaikan diri dengan alam yang ada di sekitarnya.

·       Organisasi ekonomi.

·       Alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas untuk pendidikan (keluarga merupakan lembaga pendidikan utama)

·       Organisasi kekuatan (politik)

3. C. Kluckohn

Ia mengemukakan terdapat 7 unsur budaya atau kebudayaan yang sifatnya secara universal yaitu :

·       Sistem pengetahuan

·       Bahasa

·       Sistem Teknologi dan peralatan

·       Sistem Kesenian

·       Sistem Mata Pencaharian

·       Sistem Religi

·       Sistem kemasyarakatan

E. Ciri Ciri Budaya

·       Kebudayaan merupakan budaya sendiri yang berada di daerah tersebut dan dipelajari.

·       Bisa disampaikan kepada setiap orang dan setiap kelompok serta bisa diwariskan dari setiap generasi.

·       Bersifat dinamis, artinya suatu sistem yang dapat berubah sepanjang waktu atau mengikuti perkembangan zaman.

·       Bersifat selektif, artinya mencerminkan pola perilaku pengalaman manusia secara terbatas.

·       Memiliki unsur budaya dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

·       Etnosentrik, yang artinya menganggap budaya sendiri sebagai budaya terbaik atau menganggap budaya orang lain sebagai budaya standar.

 

 

 

 

Pengertian, Unsur-Unsur, dan Ciri-Ciri Kebudayaan Pengertian, Unsur-Unsur, dan Ciri-Ciri Kebudayaan Reviewed by Muhammad Khairadhi on May 05, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.